Timbangan Mekanik dan Elektronik, Mana yang Lebih Baik?

Ketika mendengar timbangan, kamu mungkin  membayangkan sebuah alat untuk mengukur berat suatu benda. Secara umum, timbangan dibedakan menjadi dua, yakni timbangan mekanik dan elektronik. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memahami keduanya sebelum memutuskan apakah akan membeli timbangan mekanik atau timbangan elektronik.

Memutuskan antara Dua Pilihan: Timbangan Mekanik dan Elektronik

Sebenarnya, timbangan muncul karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, timbangan mekanik dapat didefinisikan sebagai bentuk lawas dari timbangan elektronik yang memakai sistem teknologi terbaru. Akan tetapi, bukan berarti timbangan mekanik tidak dipakai orang-orang di zaman modern. Oleh karena itu, sebaiknya mari simak artikel ini untuk memahami keduanya.

 

Pengertian Timbangan Mekanik dan Timbangan elektronik

 

Timbangan mekanik atau bisa juga dikenal sebagai timbangan analog dapat didefinisikan sebagai alat generasi pertama yang dipakai untuk mengukur berat suatu benda. Sedangkan, timbangan elektronik merupakan timbangan modern yang memakai sistem elektronik untuk melihat angka yang ditimbang. Nah, kalau kamu termasuk generasi Y dan Z, maka timbangan mekanik dapat ditemui saat imunisasi di PUSKESMAS atau POSYANDU yang dikenal dengan sebutan timbangan dacin. Bisa juga timbangan mekanik yang sering ditemui adalah timbangan sentisimal dan timbangan bobot ingsut. 

timbangan mekanik TBI

timbangan bobot ingsut

timbangan sentisimal CB

timbangan sentisimal

Sedangkan, untuk timbangan elektronik cenderung berbeda. Kamu bisa menemukan timbangan ini dengan mudah serta dengan model dan harga yang bervariatif. Pasalnya, timbangan elektronik berlomba-lomba dijual oleh berbagai perusahaan dengan merek-merek yang berbeda-beda. Selain itu, jika dibandingkan timbangan mekanik, timbangan elektronik kini lebih mendominasi aktivitas di berbagai aspek kehidupan.

Kelebihan Timbangan Mekanik dan Timbangan elektronik

Setelah memahami pengertian timbangan mekanik dan elektronik, selanjutnya kamu harus memahami perihal kelebihan keduanya. Secara umum, timbangan mekanik mempunyai desain dan terbuat dari bahan yang kokoh serta tahan lama, sebab timbangan ini kerap terbuat dari plat besi, khususnya yang diproduksi oleh PT ALTRAMAN yang di mana bahan untuk membuat timbangan mekanik dengan menggunakan metode full pressed. Timbangan mekanik PT ALTRAMAN, sudah terbukti tahan lama, karena setiap produk juga telah melewati proses powder coating, sehingga cat lebih tahan lama dan timbangan akan lebih tahan dari karat. 

Hal ini sangat berbeda dengan timbangan elektronik. Pasalnya, timbangan ini muncul untuk mempermudah aktivitas pengukuran manusia, sebab perhitungan berat dapat diukur secara cepat. Selain itu, kamu juga dapat memperoleh nilai berat yang valid dan akurat, khususnya untuk menimbang hal-hal yang berbobot kecil. Selain itu, dengan kemajuan teknologi, timbangan elektronik sudah dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti misalnya; 

          • HOLD yang berguna saat menimbang hewan; 
          • ALARM yang berguna untuk memberi sinyal apabila berat telah sesuai, kurang atau lebih dari berat yang diinginkan
          • COUNT yang berguna untuk menghitung jumlah benda yang kecil seperti misalnya kancing, baut, mur, dll. 
Timbangan duduk elektronik / digital

TM-ALEXA-A (TM-A Series)

Kekurangan Timbangan Mekanik dan Timbangan elektronik

Karena mengukur berat secara manual, maka timbangan mekanik mempunyai kevalidan dan keakuratan yang kecil. Di sisi lain, pengukuran juga dibatasi anak timbangan. Dengan demikian, kamu tidak dapat memperoleh nilai berat yang akurat dan cepat. Belum lagi faktor lingkungan yang berangin yang dapat menyebabkan pengukuran menjadi semakin lama. 

Lantas, bagaimana dengan kekurangan timbangan elektronik? Rasanya, sampai sekarang, timbangan elektronik hampir tidak mempunyai kekurangan, sebab timbangan ini diproduksi sesuai perkembangan zaman dan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan berbagai macam fungsinya. Oleh karena itu, kamu hanya perlu membeli timbangan dengan pertimbangan-pertembingan tertentu untuk memperoleh kualitas yang baik. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa timbangan elektronik mudah rusak dan servisnya mahal. Padahal tidak demikian, karena seluruh produk timbangan elektronik PT ALTRAMAN memiliki GARANSI 1 TAHUN dan kami memiliki service center yang didukung oleh teknisi yang berpengalaman dan suku cadang yang lengkap. 

Tips Membeli Timbangan

Nah, setelah memutuskan untuk membeli timbangan mekanik atau elektronik, kamu perlu memastikan jenis timbangan yang ingin dipakai. Kemudian, kamu disarankan untuk membeli timbangan dari brand atau merek yang sudah terpercaya untuk memperoleh kualitas yang baik. Hal ini bisa didapat dengan membeli timbangan di toko offline atau online tertentu, seperti di PT ALTRAMAN. 

Demikian ulasan mengenai timbangan mekanik dan timbangan elektronik. Sebaiknya, pemakaian disesuaikan dengan kebutuhan (apa yang akan ditimbang). Dengan demikian, kamu juga perlu mempelajari perihal jenis-jenis timbangan, seperti timbangan duduk, timbangan lantai, timbangan meja, dan lain-lain. Nah, setelah membaca artikel hingga tuntas, mana yang lebih kamu sukai antara timbangan mekanik dan elektronik? Apabila masih ada keraguan, jangan ragu untuk hubungi kami untuk konsultasi GRATIS. 

No Comments

Post A Comment