Metrologi vs Meteorologi, Dua Hal yang Berbeda

Metrologi berbeda dengan meteorologi. Mari kita simak apa yang membedakannya.

Metrologi   secara   sederhana   merupakan   suatu   ilmu   tentang pengukuran. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan pada suatu kegiatan ukur mengukur serta bagaimana pentingnya kebenaran dalam mengukur dan mempercayai hasil dari pengukuran tersebut. Misalnya, dalam kegiatan jual beli kebutuhan sehari-hari baik di pasar tradisional maupun swalayan. Sedangkan meteorologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer. 

Kebutuhan lain di tempat tinggal kita seperti air, listrik dan gas pun perlu diukur. Melakukan aktivitas perjalanan ke tujuan kita memerlukan isi bahan bakar untuk kendaraan, alat pompa bahan bakar di SPBU juga merupakan salah satu jenis alat ukur. Demi kesehatan dan keselamatan pasien, dalam dunia kedokteran dibutuhkan   alat-alat   ukur   yang   terjamin   kebenarannya   dalam   mengukur. Sedangkan dalam dunia industri, sebuah perusahaan membeli bahan baku berdasarkan timbagan dan ukuran yang selanjutnya akan diolah menjadi barang jadi siap jual. Maka dari itu dapat kita katakan bahwa hampir tidak mungkin bagi kita untuk tidak berhadapan dengan sesuatu yang tidak diukur. 

Secara umum, metrologi dikelompokkan dalam tiga kategori utama dengan tingkat kerumitan dan akurasi yang berbeda-beda:

        1. Metrologi Ilmiah (Scientific Metrology): berhubungan dengan pengaturan dan pengembangan standar-standar pengukuran dan pemeliharaannya (tingkat tertinggi). 
        2. Metrologi Industri (Industrial Metrology): bertujuan untuk memastikan bahwa sistem pengukuran dan alat-alat ukur di industri berfungsi sebagai akurasi yang memadai, baik dalam proses persiapan, produksi maupun pengujiannya.
        3. Metrologi Legal (Legal Metrology): berkaitan dengan pengukuran yang berdampak pada transaksi ekonomi, kesehatan, dan keselamatan. 

Nah, yang paling sering kita temui di kehidupan sehari-hari adalah metrologi legal. Semoga tidak tertukar lagi ya antara metrologi dan meteorologi. 

Sumber: http://lipi.go.id/berita/metrologi-bukan-meteorologi/2262

No Comments

Post A Comment